Motivasi Menulis

Cara Memperbesar Pengapian Motor



Banyak cara memperbesar pengapian motor dari menambah lilitan spul pengapian, penggantian CDI racing dan penggantian koil. Namun yang akan kita bahas sekarang adalah upgrade peforma motor kesayangan dengan biaya murah. Loh kok bisa murah ya...iya karena masih menggunakan koil bawaan motor yang dimodifikasi, modifikasi ini  namanya ground strap. Ground strap berfungsi sebagai penangkap frekuensi liar akibat voltase tinggi yang melalui kabel busi. Selain itu, arus listrik yang mengalir dapat menjadi lebih lancar dan membuat api busi fokus dan berwarna biru. Akibatnya, akselerasi motor dapat lebih terasa karena pengapian menjadi lebih baik meskipun suhu mesin meningkat sedikit.
Bahan yang dibutuhkan untuk memperbesar pengapian motor adalah;
  • Beli kabel kawat atau tembaga gulungan  di toko komponen elektronik jangan diwarung sayur mayur ya hehehe...untuk ukurannya diambil jangan yg terlalu besar kira kira seukuran kawat tembaga kabel tv. Untuk panjangnya 4 meter sudah cukup kira2 beratnya 1/2 ons.
  • Kabel bakar
  • Skun ring (1 buah), karena saya lupa membeli skun ring maka kawatnya dibuat seperti gambar dibawah.
  • Isolasi hitam.
  • Koil standart motor.
Untuk caranya ;
  1.  Lepas koil dari body motor.
  2. Gulungkan tembaga mulai dari pangkal kabel koil atau bisa juga dari ujung kabel koil yang dari cop busi sampai ke pangkal koil. Semakin rapat gulungan semakin bagus.
  3. Sambungkan ujung gulungan tembaga yang ada pada pangkal koil ke skun ring kalau tidak ada skun ring bisa dibuat seperti ini
  4. Bungkus kabel koil yang sudah dililit tembaga dengan kabel bakar lalu bakar pakai korek api sampai kabel bakarnya menyusut dan membungkus kabel koil dengan sempurna. Jangan lupa tembaga yang dihubungkan dengan skun ring juga perlu dibungkus ya.
  5. Jika masih ada tembaga yang terlihat/tidak tertutup, maka tutuplah dengan isolasi hitam. Hal ini berguna untuk melindungi tembaga saat terjadi masalah/kebocoran pada koil, sehingga tak sampai menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

  6. Pasangkan kembali koil ke body motor dan bautkan skun ring tadi bada baut pengikat koil pada body yang berhubungan dengan kabel negative koil

Gambar dan kutipan dibawah ini adalah hasil pengujian yang telah dilakukan oleh motorplus online.

Alat pengetesan yang digunakan, bukan mengeluarkan hasil berupa angka. Tapi, percikan api oleh busi yang dikomando koil.
  • Pengetesan pertama pakai koil yang tidak dililit ground strap. Api yang dipercikan busi, terlihat berwarna kemerahan. Selain itu, api yang keluar juga terlihat besar kecil alias tak stabil. Ini, bikin tambah penasaran dengan api busi yang ditampilkan kabel koil yang dililit ground strap.

Puas memperhatikan percikan api yang keluar dari koil standar, pengetasan dilanjutkan dengan koil yang sama namun dililit ground strap.

  • Ternyata, api yang keluar terlihat sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kondisi api yang dikeluarkan koil standar. Api koil yang dipasangkan ground strap juga tampak konstan. Jarang terlihat ada lonjakan api yang membesar atau mengecil seperti yang terjadi di koil standar.
Pemasangan ground strap memang membuat api yang dikeluarkan koil bisa sedikit lebih besar. Selain itu, api dari koil bisa jauh lebih stabil. Memang tidak sebesar koil aftermarket yang include ground strap peningkatannya. Selamat mencoba....
Labels: Motor, otomotif, tips

Thanks for reading Cara Memperbesar Pengapian Motor. Please share...!

8 comments on Cara Memperbesar Pengapian Motor

  1. Itu satu kabe nyatu sama masa koil
    Trus yg satunya yg ke arah busi di sambungin ke mana om

    ReplyDelete
  2. yang kearah busi dibiarkan saja om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang kalo mau nambahin tegangan. Lilitan spulnya di tbah apa.di kurangi?

      Delete
  3. Jarak kabel yank ke arah busi kira" dii kasih berapa cm bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikira kira aja om...penting tutup busi masih bisa masuk kekabel karena kalo terlalu dekat kabel bisa konslet...

      Delete

Back To Top