Motivasi Menulis

Tips Mengatasi Kipas Vga Card Mati

Sudah lama komputer tidak diliat bagian dalamnya, pas ada waktu luang iseng-iseng buka casing komputer walah ternyata kotornya minta ampun banyak debu dan sarang laba-laba. Ambil blower dan kuas cat yang masih bagus dan bersih dari cat untuk membersihkan kotoran dan debu. Setelah bersih dari debu keliatan seperti baru lagi he2....langsung di hidupin nih si kompi eh setelah saya perhatikan ternyata kipas VGA Cardnya tidak  berputar alias mati.
Gambar kipas VGA Card mati atau tidak berputar
VGA Card adalah singkatan dari video graphic card dimana itu ialah salah satu hardware pendukung yang berada dalam komputer yang fungsinya cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan aplikasi yang anda install pada komputer atau laptop anda. Fungsi dari vga adalah menampilkan gambar kedalam monitor, dan semakin tinggi VGA  anda maka semakin bagus dan halus output yang dihasilkan.

Ada 2 macam tipe VGA yaitu veo card dengan heat sink saja da nada yang heat sink + kipas atau fan. Dengan adanya kipas ini maka kinerja heat sink akan semakin ringan tetapi hasil yang dihasilkan sangat maksimal. Kelemahan dari dengan system VGA yang berkipas ini adalah kipasnya bisa mati, karena mau tidak mau kipas pada VGA itu akan selalu berputar secara stabil dan cepat sehingga lama- kelamaan dapat menyebabkan keausan atau terkikis pada bagian strator maupun rotor yang menyebabkan kematian atau tidak bisa berputarnya kipas.

Dan jika VGA yang terpasang pada komputer anda dalam keadaan pendinginnya rusak tentu saja ada konsekuensinya pada komputer anda, dimana kinerja komputer akan menjadi lambat dan cepat mati, selain itu hal ini juga bisa menyebabkan sering hang, gambar mati bahkan komputer akan mogok menyala.

Gambar VGA  kipas yang mati telah dilepas
Sudah coba berputar putar ke toko komputer ternyata tidak ada yang memnyediakan kipas VGA Card mereka menjualnya satu paket, sebenarnya siy paling gampang ya beli baru VGA Card yang baru tapi kan sayang VGA Card yang lama masih bisa dipakai terutama siy karena baru tongpes alias tidak punya uang he he...

Setelah berpikir diganti pake kipas apa ya akhirnya saya menemukan solusi pakai kipas pendingin yang paling kecil atau disesuaikan dengan ukuran kipas VGA Card anda bisa kita cari di Toko Komponen elektronik.
Gambar VGA Card  yang telah diganti kipasnya


Adapun langkah- langkah yang harus anda lakukan ialah :
  1.  Lepas VGA dari komputer anda, setelah itu coba buka baut yang terpasang diantara kipas dengan   obeng, lalu lepas kipasnya.
  2.  Setelah kipas terlepas maka bersihkanlah kotoran- kotoran yang menempel pada heat sinknya.
  3. Setelah bersih dari kotoran kita pasang kipas yang telah kita beli tadi pada heat sink, nah masalah muncul lagi karena lubang baut tidak sama untuk mengatasinya bisa dipasang dengan bantuan lem saya menggunakan lem kastol untuk menempelkan di heat sink.
Setelah kering dan kuat kita pasang kembali Vga pada komputer untuk arus listriknya bisa mengambil dari socket untuk kipas pendingin casing, demikian tips mengatasi kipas Vga Card mati semoga bermanfaat...
Labels: komputer, tips

Thanks for reading Tips Mengatasi Kipas Vga Card Mati. Please share...!

14 comments on Tips Mengatasi Kipas Vga Card Mati

  1. Gan. Vga ane jg sama kek punya ente mati gitu kipasnya. Kira2 kalo udh di ganti kipasnya apa bisa normal kembali ga? Bales ya gan

    ReplyDelete
  2. bisa asal vga msih normal ....milik saya masih normal sampe sekarang menggunakan kipas seperti diatas...

    ReplyDelete
  3. Gan.. vga ane 9600gt 256bit.. fannya ga mau muter. Nyari yang cocok yang fan apa ya.. vga masih bisa di pake cuman cepet panas..

    ReplyDelete
  4. untuk mencari kipas yang sama persis emg susah...tp bisa menggunakan kipas casing atau bisa cari ke toko komponen elektronika biasanya ada berbagai kipas ukuran dari kecil ampe besar,

    ReplyDelete
  5. .gan punya ane dah tak ganti kipas kok masih gak mau muter kira2 apanya ya.?

    ReplyDelete
  6. Colokan nya sudah bener gan? Cek kembali colokanya . sesudah di cek coba nyalakan pc .

    ReplyDelete
  7. mau nanya dong kalo kipas harusnya muter saat komputer dinyalakan atau pas main game aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berputar saat maen game aja gan. Saya udah pernah soalnya. :)

      Delete
  8. Terimakasih sudah berbagi pengalaman, sama kasusnya dengan VGA saya yang tidak mau mutar,puji TUHAN dengan berbagi pengalaman anda maka saya menemukan solusi, tadi sih sempat kecewa, rencana mau saya gantikan dengan VGA yang baru.

    Terimakasih ya sobat TUHAN YESUS memberkatimu.

    ReplyDelete
  9. Bg klw kipas vga gk mau nyala itu kenapa ya bg padahal suhu udah di atas 70°c, tapi klw pc baru di hidupin nyala sebentar trs mati lagi dan nyala kipas nya kenceng banget.. kira2 knp ya bg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diganti dulu kipasnya....klo masih sama kabelnya dilamgsung aja ngikut kipas casing....maaf baru balas

      Delete
  10. apa sekalian ganti heatsink VGA juga gpp klo beli Fannya doang ga bagus jadinya

    ReplyDelete

Back To Top